KEMITRAAN UMKM TITIP INDONESIA

PENDAHULUAN

TITIP merupakan layanan pengantaran (delivery) darat yang beroperasi di wilayah Kota Parepare dan sekitarnya. TITIP hadir dengan pelayanan ekstra dan terbarukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern dan digital seperti saat ini. Dengan berbekal pelayanan berbasis aplikasi perpesanan Whatsapp yang cepat, sederhana dan aman, TITIP berkomitmen memberikan akses layanan yang lebih dekat dengan kehidupan masyarakat.

TITIP hadir dengan pelayanan diantaranya, TITIP Makanan & Minuman, TITIP Belanja, TITIP Barang dan akan masih banyak lagi pelayanan-pelayanan terbarukan yang diharap mampu memenuhi kebutuhan sehari-sehari masyarakat.

Komitmen TITIP dalam menghadirkan pelayanan ekstra dan terbarukan ditandai dengan perhatian khusus terhadap hal-hal kecil yang sering kali disepelekan oleh pelayanan sejenis yang telah ada sebelumnya. Beberapa poin tersebut diantaranya, kemudahan Komunikasi dan Transaksi, Hospitality, Konsistensi Brand, hingga menyangkut masalah kesejahteraan mitra Driver. 

BENEFIT DAN FASILITAS

Dalam era digitalisasi yang semakin berkembang pesat, UMKM di Parepare memiliki potensi besar untuk tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompleks. Namun, tantangan aksesibilitas pasar dan infrastruktur pengantaran seringkali menjadi hambatan yang signifikan bagi pertumbuhan UMKM ini. Dalam konteks ini, kerja sama dengan penyedia layanan pengantaran seperti TITIP menjadi solusi yang menjanjikan. Selain menyediakan akses pasar yang lebih luas, kerja sama ini juga menawarkan sejumlah manfaat dan fasilitas yang dapat membantu UMKM mengoptimalkan operasi bisnis mereka. Dalam perancangannya kami membagi dua fokus perencanaan, baik itu jangka pendek maupun jangka Panjang.

1. JANGKA PENDEK

    • Kemudahan langkah pemesanan jasa pengantaran di TITIP
    • Label priority contact pada database contact customer TITIP
    • Website titipid.merchant sebagai media promosi dan arsip katalog produk UMKM
    • Platform pesan siaran WhatsApp sebagai media promosi intensif
    • Driver prioritas untuk mempermudah proses pengantaran
    • Forum komunikasi mitra UMKM untuk meningkatkan kolaborasi
    • Konten & promosi kolaboratif
    • Program Free Ongkir 0 Rupiah secara berkala
    • Program Campaign Promosi Mingguan & Bulanan
    • Banner Kemitraan UMKM TITIP

2. JANGKA PENDEK

  • Mitra UMKM Award by TITIP

Program “Mitra UMKM Award By TITIP” adalah sebuah acara penghargaan yang diselenggarakan oleh TITIP untuk menghargai dan mengakui kontribusi serta prestasi para mitra UMKM mereka. Acara ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mitra UMKM yang telah menunjukkan dedikasi, inovasi, dan keunggulan dalam kerja sama dengan TITIP dalam menyediakan layanan pengantaran.

  • Merchandise Outlet ( Paper Bag, Apron, Goodie Bag, dll)

Fasilitas merchandise outlet akan didedikasikan untuk mendukung branding TITIP. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

  1. Branding TITIP

Merchandise yang tersedia di outlet ini akan dirancang dan diproduksi khusus untuk mempromosikan merek TITIP. Ini termasuk berbagai item seperti paperbag, apron, topi, kaos, gantungan kunci, dan barang-barang promosi lainnya yang mencerminkan identitas merek TITIP.

  1. Kualitas dan Desain

Merchandise yang disediakan akan memenuhi standar kualitas tinggi dan didesain dengan memperhatikan estetika dan identitas merek TITIP. Desain merchandise akan mencerminkan nilai-nilai merek dan menarik perhatian pelanggan potensial.

     3. Kustomisasi

Mitra UMKM dapat memilih untuk menyesuaikan merchandise sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, tetapi tetap dengan fokus pada branding TITIP. Ini memungkinkan konsistensi branding dalam semua aktivitas promosi yang melibatkan TITIP.

     4. Dukungan Promosi

TITIP dapat menggunakan merchandise ini sebagai bagian dari strategi promosi mereka, baik dalam kegiatan pemasaran offline maupun online. Merchandise tersebut dapat digunakan dalam berbagai acara promosi, pertemuan, atau kampanye branding.

  • Payroll Patrner

Program “Payroll Partner” adalah inisiatif kerja sama antara TITIP dan UMKM di mana TITIP bertindak sebagai mitra pembayaran yang mengelola proses pembayaran bagi UMKM. Dalam kerangka ini, TITIP menerima pembayaran dari pelanggan atas pembelian produk atau layanan dari UMKM melalui platform mereka. Setelah menerima pembayaran, TITIP kemudian melakukan deposit saldo kepada UMKM sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Konsep “Payroll Partner” mirip dengan proses pembayaran gaji (payroll) di mana perusahaan membayar gaji kepada karyawannya pada jadwal yang telah ditentukan. Dalam hal ini, TITIP bertindak sebagai mitra yang memfasilitasi proses pembayaran bagi UMKM, memastikan bahwa pembayaran dilakukan secara teratur dan efisien sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Keuntungan utama dari program “Payroll Partner” adalah:

  1. Kepastian Pembayaran : UMKM dapat mengandalkan TITIP untuk memastikan bahwa pembayaran dari pelanggan mereka diterima dan diproses dengan tepat waktu.
  2. Efisiensi Administrasi : Dengan mempercayakan proses pembayaran kepada TITIP, UMKM dapat mengurangi beban administrasi yang terkait dengan manajemen keuangan dan pembayaran.
  3. Likuiditas yang Ditingkatkan : Dengan menerima pembayaran secara teratur sesuai jadwal, UMKM dapat meningkatkan likuiditas mereka dan mengelola aliran kas dengan lebih baik.
  4. Peningkatan Fokus : Dengan menghilangkan kekhawatiran tentang proses pembayaran, UMKM dapat lebih fokus pada operasional bisnis dan strategi pertumbuhan.